Skripsi kualitatif dan kuantitatif

Critanya kamu udah ngajuin judul nih, tapinya dosen malah bilang “judulmu ini kualitatif, bah! mbok ya judulnya yang kuantitatif dong”. Trus, “iki judul kamu terlalu simpel, mbok ya ditambah permasalahannya”. Dan lain-lain. Ato sebaliknya.. Pernah ya dapat penolakan-penolakan dengan cara halus seperti itu? Pun padahal ini juga udah bersdasarkan permintaan mereka. Maka jadilah mengajukan judul dengan hitungan ke 6 – ke 7 – ke 8 dst.  Seperti membuat novel bersambung dengan karakter yang berbeda disetiap edisinya. !gila (baca : seru gila).

Ditengah-tengah bingung dengan penolakan-penolakan judul yang udah kita buat. Gak ada salahnya kan untuk sedikit mengetahui perbedaan kenapa gimananya judul kita bisa diterima ato bahkan ditolak. Untuk yang pengen ngajuin judul, syarat utama sebelum dibolehin kita ngajuin judul apa? Yang secara umumnya sih, lulus mata kuliah metopel (metodologi penelitian) minimal C. Trus kalo syarat minimal udah dipenuhi apalagi? Judul sesuai dengan apa yang kita suka, minimal kita ketahui. Oke, 2 syarat udah terpenuhi. Apalagi? Terakhir, ini penting banget.. Judul disesuaikan dengan peraturan kampus kamu. Ngerti y? Nti ku jelasin kug..

Syarat pertama :Lulus metopel?. Iya dong, ini kan landasan kita untuk nemuin judul. Banyak contoh skripsi ato TA dibahas disini, plus langkah-langkah penyelesaiannya.

Misal nih, ada contoh skripsi judulnya ttg pembuatan database pada perusahaan A. Jadi sebelum membuat database, kita kudu mendesainnya. Ada beberapa tahap mendesain database seperti Analisa Sistem Informasi yang sedang berjalan, Analisa Sistem Informasi yang diusulkan, desain tabel-tabel dengan DFD, Context Diagram, ERD, dll. Singkat cerita, tergambarlah bentuk database itu seperti apa. Disini, yang ditekankan hanya mengenai proses terbentuknya saja.

Syarat kedua : Dari sekian banyak mata kuliah dari semester 1 sampe sekarang, kamu tertariknya  yang mana satu?

Misal, kamu jurusan TI. Tertarik dengan salah satu materi dari matakuliah metode numerik. Ada beberapa diantaranya Iterasi, Newton-Raphson, Matriks, Regula-Falsi, dst. Kamu pengen yang tentang matriks? Silahken..

Syarat terakhir : Judul disesuaikan dengan peraturan yang berlaku dikampus. Istilahnya, g mungkin kan datang ke pesta ulang tahun teman dengan baju lecek (kecuali tema acara ulang tahun temen itu adalah’ lecek’, xixi).

Misal, kamu jurusan TI. Dan telah melakukan 2 syarat diatas dengan sungguh-sungguh, tinggal syarat 3.. Deg-deg. Dan peraturan dari kampus tentang  judul… istilahnya ‘bebas tapi sopan’. Maka jadilah judul tentang ‘perancangan program sederhana dengan hitungan matriks untuk membantu perusahaan dalam merencanakan perhitungan untung-rugi demi masa depan’. Ada 3 kata kunci dalam judul tersebut.

1. Teknologi = pembuatan aplikasi.

2. Ekonomi = untuk menghitung.

3. Matriks = rumus yang digunakan.

See?

So Simpel

Lah, jadi contoh itu kualitatif ato kuantitatif?  = Itu kualitatif.

Dari mana kita bisa tw kalo itu kualitatif ato kuantitatif? = Dari gambaran tentang skripsinya dung.

Ini bisa dibilang kualitatif karna banyakan comot teori sana-sini, juga g terlalu jauh survey lapangannya. Cukup tw alurnya. Skripsi udah bisa dijalankan. Beda dengan yang kuantitatif. Kalo yang kuantitatif itu lebih yang bersifat penelitian, yaa paling tidak cara yang paling simpelnya adalah dengan kuisioner. Ini penting, karna penelitian itu lebih melibatkan personal. Kenapa gak ketemu langsung? Kalo emang bisa kenapa gak? Dari pada ribet-ribet nyebarin kuisioner yang belum tentu ditanggapi, xixi.

Jadi udah tau ya beda tentang kualitatif dan kuantitatif untuk judul skripsi dan TA  mu?

Sukses =D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s